Selasa, 21 Februari 2012

pengertian chatting


Saya yang mengenal chatting sejak tahun 2004-an, masih juga asing dengan istilah, bahasa prokem, dan/atau singkatan yang sering digunakan para chatter. Jujur saja, pertama kali saya chatting, saya tidak tahu istilah “ASL PLS”. Kebetulan waktu itu operator warnetnya adalah teman saya sendiri sehingga saya pun tidak sungkan-sungkan untuk menanyakan kepadanya arti singkatan tersebut. Dari situ, saya baru tahu kalau ASL PLS adalah kepanjangan dari AGE, SEX, LOCATION & PLEASE. Sepertinya, singkatan-singkatan seperti lazim adanya dan bersifat universal, digunakan sebagai standar bahasa chatting siapa pun dibelahan dunia ini. Namun ada sebagian yang diserap dari bahasa lokal dan yang ini belum tentu bisa dimengerti oleh chatter mancanegara. Kali ini, TIPS DAN TRIK KOMPUTER akan men-sharing daftar singkatan yang sering digunakan oleh para chatter baik yang lokal (lingkup Indonesia) maupun “interlokal” (manca Negara), yang sering juga digunakan dalam forum-forum. Daftar singkatan chatting yang saya dapatkan dari A. Fatih Syuhud, Adhiekoes, agen iklan, seperti di bawah ini.

Singkatan
Kepanjangan
Arti




afaic
as far as I'm concerned
:
sepanjang yg saya ikuti
afaik
as far as I know
:
sepanjang yg saya tahu
asap
as soon as possible
:
secepat mungkin
asl
age, sex, location
:
usia, jenis kelamin, lokasi
b4
before
:
sebelumnya
bbiaf
be back in flash
:
kembali sebentar lagi
bbl
be back later
:
nanti akan kembali
bot
back of topic
:
kembali ke topic semula
brb
be right back
:
segera kembali
btw
by the way
:
ngomong-ngomong, lalu
c2c
cam to cam
:
memakai webcam bersama-sama
ce/co
cewek atau cowok
:
cewek atau cowok
CMIIW
Correct Me if I'm wrong
:
betulkan jika saya salah
cp
cross posting
:

crs
can remember stuff
:

cu
see you
:
ketemu kamu
cya
see ya
:
ketemu
dc
disconnected
:
proses chatting terputus
diy
do it yourself
:
kerjakan sendiri
eod
end of discussion
:
akhir sebuah diskusi
ez
easy
:
mudah
f/m
female or male
:
wanita atau laki-laki
f2f
face to face
:
bertatap muka
faq
Frequently Asked Questions
:
Pertanyaan yg sering diajukan
fbow
For better or worse
:

foaf
friend of a friend
:
teman dari teman
focl
falling off chair laughing
:

fs
friendster
:
idem
fya
for your amusement
:

fyi
for your information
:
informasi untuk kamu
gal
get a life
:
hidup
gr8
great
:
keren
gtg
got to go
:
aku mau pergi
gw
guwe
:
saya
hi2
hi too
:
halo juga
hru
how are you
:
apa kabar
ic
I see
:
saya tahu
imho
in my humble opinion
:
menurut pendapat (sederhanaku)
imo
in my opinion
:
pendapatku
iow
in other world
:
di dunia lain
iso
in search of
:

itt
in the topic
:
di dalam topik bahasan
j/k
just kidding
:
hanya bercanda
JIC
just in case
:
hanya kasus tertentu
kul/ker
kuliah atau kerja
:
kuliah atau kerja
lol
loughing of loud
:
tertawa terbahak-bahak (mengejek)
np, nop
no problem
:
tidak masalah
oic
oh, I see
:
oh, saya tahu
oll
online love
:
percintaan online
omg
oh my God
:
oh Tuhan
oot
out of topic
:
keluar dari topik bahasan
ot
out topic
:
keluar topic bahasan
otf
on the floor
:

otoh
on the other hand
:
di tangan yang lain
pls
please
:
silakan (bisa bermakna memohon)
pov
point of view
:

ps
post script
:

re
hi again
:
halo lagi
rehi
Hello Again
:
halo kembali
rofl
rolling on Floor laughing
:
tertawa sambil berguling-guling
rotf
rolling on the floor
:
berguling-guling di lantai
rsn
real soon now
:
secepatnya
rtfm
read the fucking manual
:
baca petunjuk
ruok
are you OK
:
apakah kamu baik2 saja
so
significant other
:
yang lain lebih penting
tbe
to be expected
:
diharapkan
tbh
to be honest
:
menjadi manis
thx
thank you
:
terima kasih
tia
Thank In Advance
:
terima kasih sekali
u
you
:
kamu
u1
you 1
:
kamu duluan
voot
very out of topic
:
sangat menyimpang dari topic
wb
welcome back
:
selamat datang
wbs
write back soon
:
akan ditulis kembali segera
wo
without
:
tanpa
wombat
waste of money, brains,& money
:
buang2 uang, pikiran dan waktu
wrt
with regard to
:
dengan senang hati
wta
want to ask
:
memohon
wtb
want to buy
:
ingin membeli
wtg
way to go
:
jalan keluar
wti
want to inform
:
ingin menginformasikan
wts
want to sell
:
ingin menjual
y2k
year 2000
:
tahun 2000
zzz
sleeping
:
tidur
ntmu
nice to meet you
:
senang ketemu Anda

Mohon partisipasi aktif untuk mengoreksi jika ada yang kurang tepat dan menambahkan jika ada singkatan yang lain yang sering digunakan.

Yang bertalian
Daftar singkatan Chatting dari A Fatih Syuhud, Daftar singkatan chatting dari Adhiekoes, Daftar singkatan Chatting dari agen iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar